Wisata Jakarta Dengan Nuansa Sejarah

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) adalah kota yang sekarang ini masih berstatus sebagai ibu kota Indonesia dan merupakan kota terbesar di Indonesia sekaligus salah satu kota terpadat di dunia. Walaupun dikenal sebagai  kota metropolitan, tidak membuat Jakarta minim dengan unsur sejarah. Hal ini bukan tanpa alasan, sejak dulu Jakarta sudah menjadi sentral pembentukan negara Indonesia. Jakarta juga dikenal sebagai Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia.  Oleh karena itu, Anda bisa menemukan destinasi wisata jakarta dengan nlai sejarah jika berkunjung ke Jakarta.

Di sektor wisata, Jakarta termasuk salah satu kota dengan kunjungan wisatawan yang cukup tinggi di Indonesia, baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Sektor-Sektor wisata unggulan jakarta antara lain, wisata keluarga (taman mini, dufan, dll.) wisata sejarah, wisata pendidikan, wisata olahraga, dan wisata retail. Selain itu, walaupun Jakarta termasuk kota metropolitan, Anda juga masih bisa menemukan wisata alam, karena Jakarta memiliki pantai-pantai indah serta pulau-pulau kecil mempesona di sekitar Jakarta yang dikenal sebagai Kepulauan Seribu.

Tempat Wisata Jakarta yang Kaya akan Sejarah

Banyak sekali objek wisata jakarta yang kaya akan nilai-nilai sejarah. Mulai dari museum-museum, bangunan-bangunan, hingga tempat atau kawasan yang sarat akan sejarah. Wisata sejarah ini cocok untuk Anda yang ingin menambah wawasan sekaligus meningkatkan rasa nasionaliame terhadap negara kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak hanya itu, Anda tetap mendapat nilai hiburan jika melakukan wisata sejarah. Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata sekaligus menambah pengetahuan, berikut ini tempat wisata jakarta yang kaya akan nilai sejarah yang wajib Anda kunjungi.

Kota Tua

Kota Tua adalah wisata favorit di Jakarta
Sumber: alinea,id

Jika membicarakan soal destinasi wisata jakarta yang memiliki sejarah, tidak lengap rasanya kalau tidak memasukan Kota Tua ke daftar ini. Kota Tua merupakan salah satu destinasi unggulan menurut Pemkot (Pemerintahan Kota) DKI Jakarta, selain Kepualaun Seribu. Hal ini bukan tanpa alasan, jika kita menarik benang merah maka akan kita dapati jika Kota Tua merupakan cikal bakal adanya Kota Jakarta yang sekarang ini. Pada abad ke-16 kota tua atau yang dikenal sebagai Old Batavia merupakan pusat aktivitas serikat dagang VOC dan menjadi salah satu sentral perdagangan dunia.

Artikel Keren Lainnya :  Rekomendasi Pariwisata Kota Semarang Yang Instagrammable

Wikayah Kota Tua memlintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat tepatnya di Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka, Jakarta Barat. Di sini Anda bisa menemukan objek wisata seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Jembatan Intan, Kantor Pos Kota Tua, Gedung Daasad Musin, Pelabuhan Sunda Kelapa dan banyak lagi.

Musem Fatahillah

Museum Fatahillah merupakan salah satu destinasi wisata yang terdapat pada kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Museum Fatahillah merupakan salah satu bangunan tua peninggalan kolonial Belanda. Walaupun sudah banyak yang berubah, tetapi ada beberapa tempat yang belum pernah direnovasi sejak zaman penjajahan Belanda. Gedung ini muncul bersamaan dengan kedatangan pertamakali Belanda ke Batavia. Gedung ini dibangun oleh Jenderal J.P. Coen pada abad ke-16 lebih tepatnya pada tahun 1620.

Di museum ini terdapat kurang lebih 23.500 benda bersejarah yang dapat dinikmati dari periode yang berbeda. Museum Fatahillah juga termasuk destinasi wisata murah di jakarta, biaya masuk museum ini dihargai dengan Rp. 2.000,00 untuk anak-anak atau pelajar, Rp. 3.000,00 untuk mahasiswa, dan Rp. 5000,00 untuk orang dewasa.

Monumen Nasional

Monas adalah objek wisata yang wajib dikunjungi
Sumber: thejakartapost,com

Siapa sih yang tidak mengenal tempat ini? Saya yakin Anda pembaca artikel ini pasti sudah mengenal destinasi wisata yang satu ini. Monumen Nasional atau lebih dikenal sebagai Monas adalah monumen peringatan untuk memperingati perjuangan rakyat Indonesia terhadap kolonialisasi dari pemerintahan Belanda. Monas bukan hanya menjadi simbol kota jakarta, tetapi simbol Negara Indonesia itu sendiri.

Dari bagian dasar Monas terdapat Museum Sejarah Indonesia dimana Anda bisa melihat 51 diorama yang menggambarkan Indonesia dari zaman prasejarah hingga orde baru. Menaiki tangga spiral tepat di cawan monumen terdapat sebuah ruangan yang dikenal sebagai Ruang Kemerdekaan. Anda dapat melihat barang-barang simbol kenegaraan dan kemerdekaan Indonesia disimpan di ruangan ini. Naik lagi, Anda akan sampai di pelataran puncak Monas. Anda bisa melihat pemandangan kota Jakarta melalui teropong dari sini.

Artikel Keren Lainnya :  Destinasi Wisata Alam yang Wajib Anda Kunjungi di Batu Malang

Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia terlihat dari depan
Sumber: balinetizen,com

Museum Nasional Indonesia atau dikenal sebagai Museum Gajah merupakan musem pertama sekaligus yang terbesar di Asia Tenggara. Museum ini dibangun pada era kolonial, tepatnya pada tahun 1778. Terdapat kurang lebih 140.000 koleksi tersimpan di museum ini. Koleksi-Koleksi tersebut termasuk etnografi, barang arkeologi dan sejarah seperti barang perunggu, benda atau objek prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, buku langka dan benda berharga. Museum ini terletak di Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Merdeka Barat Nomor 12.

Nah, ini dia beberapa destinasi wisata sejarah yang ada di Jakarta. Semoga daftar ini bisa menjadi referensi liburan Anda untuk berwisata sekaligus menambah wawasan.