Tips Wisata Hemat ke Negara ASEAN? Bisa dibawah 5 Juta loh!

Siapa sih yang tidak pengen wisata hemat ke luar negeri? Pasti semuanya pengen kan! Tapi biayanya itu loh… mahal. Eitt siapa bilang mahal, asalkan anda bisa memanajemen uang anda serta mengetahui tips-tips untuk tidak terlalu menghamburkan uang anda, anda bisa berwisata ria hanya dengan modal cekak. Terlebih lagi jika anda ingin mengunjungi negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Brunai Darussalam, Singapura, Vietnam, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, bahkan hingga ke Filipina.

Selain itu, bukan hanya satu negara loh! Tapi dengan modal maksimal 5 juta rupiah anda bisa mengunjungi 4 – 7 Negara ASEAN dalam satu kali trip. Anda pasti mulai tertarik kan? Oke, berikut ini adalah ulasan tips wisata hemat ke Negara-Negara ASEAN.

Kenapa Harus Negara ASEAN?

Banyak keuntungan yang bisa anda dapati jika berkunjung ke Negara ASEAN. Keuntungan pertama, layaknya Negara-Negara Uni Eropa, anda akan dibebaskan visa jika berkunjung ke Negara-Negara ASEAN, tapi tentu saja ada batasanya. Namun, jika tujuan anda hanya ingin berekreasi, batasan ini tentu saja tidak akan menjadi masalah

Keuntungan kedua adalah anda tidak akan terlalu merasakan culture shock. Anda tidak akan terlalu menemukan banyak perbedaan dibandingkan ketika anda mengunjungi Negara di benua yang lain. Negara-Negara ASEAN sebagian besar masih dalam rumpun bangsa Austronesia. Artinya secara budaya, bahasa, maupun gaya hidup memiliki banyak kesamaan. Secara geografis juga tidak terlalu berbeda. Tak kalah penting, Negara-Negara ASEAN memiliki iklim tropis yang sama, sehingga berpergian ke banyak negara ASEAN tidak akan membuat anda membawa banya koper atau tas untuk pakaian anda.

Keuntungan ketiga adalah, negara-negara ASEAN saling berdekatan sehingga anda bisa menghemat biaya perjalanan anda. Anda bisa memilih untuk menggunakan transportasi darat, laut, ataupun udara.

Artikel Keren Lainnya :  Rekomendasi Pariwisata Kota Semarang Yang Instagrammable

Akomodasi

Jika anda ingin melakukan perjalanan lintas negara, tentu saja anda harus melakukan perencanaan untuk tempat menetap sementara. Jika anda tidak memiliki perencanaan yang matang, mungkin anda akan terjebak di hotel atau penginapan di dekat bandara, terminal, stasiun yang harganya sudah pasti mahal. Lalu bagaimana cara menghemat budget akomodasi anda?

Anda bisa memilih hostel sebagai pilihan menginap anda. Harganya lebih murah, bahkan sangat murah, karena disini anda hanya menyewa ranjang bukan kamar. Selain itu anda memiliki kesempatan untuk mengobrol bersama bule dibanding kalau anda booking hotel atau penginapan sendirian. Cara lain untuk menghemat biasa akomodasi anda adalah dengan memesan bis, kerete, MRT, dll.  dengan waktu perjalanan malam hari.

Transportasi

Jika tujuan anda berwisata, tentu saja anda akan menghabiskan waktu seharian dengan jalan-jalan mengunjungi tempat wisata. Jika anda ingin bepergian ke tempat yang jauh,  mau tak mau anda harus naik transportasi. Apalagi jika anda memilih untuk berdiam di suatu kota dalam waktu yang lama. Cara terbaik untuk menghemat budget transport adalah dengan menyewa kendaraan. Anda tidak perlu memaksakan diri menyewa mobil jika modal anda pas-pasan. Anda bisa menyewa sepeda motor atau sepeda dengan harga yang lebih murah.

Alternatif lain jika anda ingin menghemat budget transport anda adalah naik kendaraan umum. Tapi bukan kendaraan umum seperti taksi ya! Nah, salah satu keuntungan lainya anda mengunjungi Negara ASEAN adalah anda juga bisa menemukan ojek online layaknya di Indonesia. Ojek Online juga bisa jadi pilihan anda untuk bepergian dengan biaya murah.

Untuk anda yang melakukan perjalanan lintas kota atau negara, supaya anda tidak keluar modal banyak, anda bisa memilih bis sebagai pilihan utama anda. Selain lebih murah, anda juga bisa menikmati perjalanan selagi berpindah kota atau negara.

Artikel Keren Lainnya :  Pariwisata Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Namun, jika anda lebih senang untuk memilih perjalanan menggunakan pesawat, anda bisa cek promo dari agen travel wisata hemat dan memesan dari jauh-jauh hari supaya anda bisa dapat harga miring. Kalau sudah memesan dari jauh-jauh hari bagaimana kalau anda ingin membatalkan perjalanan? Atau tiba-tiba perjalanan anda jadi tidak sesuai jadwal? Tenang saja. Beberapa agen perjalanan memiliki fitur re-schedule atau memberikan garansi refund uang anda 100%. Pastikan agen perjalanan anda memiliki fitur ini ya!

Internet

Kenapa internet ada di daftar ini? Ya tentu saja itu karena internet merupakan benda krusial yang wajib anda miliki ketika ingin berwisata ke luar negeri. Anda harus menyisihkan budget untuk internet. Anda tidak ingin kan? Ketika menemukan momen bagus, dan anda tidak bisa membagikan ke media sosial anda secara langsung karena tak ada internet. Atau ketika anda ingin berkomunikasi dengan penduduk lokal, tapi terkendala bahasa, dan anda tidak terhubung dengan internet untuk membuka google translate.

Anda tidak bisa mengharapkan internet roaming yang ditawarkan oleh provider anda, harganya bisa sangat mahal. Lebih baik biaya untuk itu anda alokasikan ke hal lain. Jika anda hanya ingin berkunjung ke satu negara saja, pilihan terbaik adalah anda membeli simcard di negara tersebut. Namun jika anda ingin berkunjung lintas negara, pilihan terbaik adalah anda bisa menyewa wifi pocket yang bisa digunakan untuk lintas negara.

Nah inilah dia beberapa tips wisata hemat jika anda ingin berwisata ke luar negeri khususnya negara-negara ASEAN. Beberapa yang masuk yang masuk ke daftar ini memang untuk budget yang memiliki kemungkinan akan membengkak jika anda tidak melakukan perencanaan dengan baik. Jika anda mengikuti panduan ini dengan baik, paling tidak hal ini bisa menghemat budget rekreasi anda. Selamat melakukan perjalanan.

Artikel Keren Lainnya :  Wisata Jakarta Dengan Nuansa Sejarah