Mencicipi Kuliner Unik Khas Malang

Mertropolitan Malang Raya merupakan gabungan dari Kota Malang, Batu, dan Kabupaten Malang. Ketiganya merupakan daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur. Malang menyimpan segudang destinasi wisata yang beragam membuat daerah ini banyak dikunjungi oleh pelancong baik domestik maupun mancanegara. Jika Anda mengunjungi  Malang, akan kurang lengkap rasanya jika tidak menjejali sajian kuliner khas Malang. Ada beragam jenis sajian kuliner yang bisa Anda temukan di Malang, dari mulai makanan berat, makanan ringan, minuman, maupun makanan yang bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan atau oleh-oleh.

Wisata Kuliner Malang

Jika mendengar kata “kuliner khas Malang,” pasti yang terbesit dipikiran Anda adalah Bakso Malang yang terkenal itu. Tak hanya Bakso Malang, teryata ada banyak sekali sajian kuliner khas Malang yang soal rasa jangan ditanya lagi. Dari kuliner Malang murah sampai yang mahal, dari yang besar sampai yang kecil, dari yang biasa saja sampai yang unik, dari yang enak sampai yang… eneg? Oh tidak! Sajian Kuliner Malang semuanya enak-enak kok. Bagi Anda yang mau mencicipi kuliner khas malang yang tidak biasa,¬† berikut ini adalah daftar kuliner unik khas Malang yang mungkin Anda belum pernah mencicipinya.

1. Sate Landak

Menikmati Sate Landak di Kota Malang
Sumber: KSMTour,com

Dari namanya saja kuliner yang satu ini sudah cukup ekstrim. Membayangkan hewan yang notabenya bewarna hitam dengan punggung dipenuhi duri dan mocong yang seperti tikus ini sudah membuat sebagian orang bergidik ngeri. Apalagi jika diolah menjadi sajian seperti sate, memangnya ada yang mau makan?

Ternyata sate landak ini banyak penggemarnya loh. Jika diolah dengan benar, daging landak yang kaya akan protein ini juga tidak kalah lezat dengan olahan daging lainya. Apalagi jika diolah menjadi sate dengan bumbu sate spesial yang mungkin tidak akan Anda temukan di daerah lain, beuh, pasti Anda tidak percaya kalau yang Anda makan itu daging landak.

Artikel Keren Lainnya :  6 Rekomendasi Wisata Kuliner Jogja Yang Murah Meriah Dan Enak

Salah satu rumah makan yang menyediakan sate unik ini adalah Rumah Makan Bu Ria. Rumah makan tersebut buka dari pukul 09.00 sampai pukul 21.00, Ada baiknya Anda tidak mengincar jam-jam istirahat karena bakal ramai pengunjung. Selain menyediakan sate landak, rumah makan ini juga menyediakan sate biawak dan sate bulus atau labi-labi.

2. Rujak Cingur

Sepiring Rujak Cingur Lengkap
Sumber: akurat,co

Ngomongin makanan unik khas Malang tidak lengkap rasanya jika tidak memasukan rujak cingur ke daftar ini. Tidak hanya malang, rujak cingur sendiri merupakan sajian kuliner ikonik khas Provinsi Jawa Timur. Untuk Anda yang tertarik dengan kuliner eksentrik ini, Anda bisa menemukanya tersebar di penjuru daerah Malang

Bagi Anda yang belum tau rujak cingur itu apa, rujak cingur adalah kuliner khas Jawa Timur yang menggunakan bahan dasar cingur sapi atau mulut sapi. Mulut sapi diolah dengan cara dibaluri dengan rempah-rempah khas nusantara sehingga cocok dengan lidah orang Indonesia. Rujak Cingur biasanya disajikan dengan aneka sayuran, kerupuk, irisan tahu, irisan tempe, toge, kemudian disiram dengan saus khas cingur.

3. Soto Geprak

Soto Geprak Khas Malang
Sumber: masakapahariini,com

Jika Anda mencari wisata kuliner Malang malam hari, maka sajian satu ini cocok jadi pilihan Anda. Ya, salah satu keunikan dari kuliner kali ialah hanya disajikan saat malam hari. Namun, tak jarang soto yang dijual malah sudah habis duluan di awal malam atau bahkan petang. Untuk Anda yang ingin menikmati kuliner yang satu ini harap mengantri dari sore hari ya!

Soto Geprak sangat digemari oleh masyarakat Malang maupun wisatawan dari luar Malang, tidak heran jika warung makan soto geprak ini selalu ramai. Keunikan lainya dari soto geprak adalah Anda tidak bisa menemukan sajian kuliner ini di tempat lain. Hal ini dikarenakan resep rasia dari soto geprak sudah dijaga turun-temurun sejak dahulu.

Artikel Keren Lainnya :  Pentingnya Inovasi dalam Mengembangkan Bisnis Kuliner

4. Kaldu Kambing Kacang Hijau

Kaldu Kambing Kacang Hijau Terbaik di Malang
Sumber: malang,merdeka,com

Satu lagi kuliner khas Jawa Timur yang mungkin membuat Anda keheranan. Biasanya kacang hijau itu diolah menjadi bubur kacang hijau atau menjadi isian dari makanan manis sepeti roti atau onde-onde. Namun, bagaimana jadinya kalau kacang hijau dipertemukan dengan gulai kambing? Ternyata rasanya gurih dan nikmat lho! Anda juga bisa menemukan sajian ini di Malang.

5. Ceker Setan

Ceker Setan Pedas Enak dan Gurih
Sumber: selerasa,com

Jika Anda mencari wisata kuliner Malang murah, mungkin Anda patut mencoba makanan yang satu ini. Dari namanya tentu Anda sudah terbayang kan? Bagaimana bentuk dan rasanya makanan yang satu ini. Uniknya lagi ceker setan dijual pada jam-jam dimana orang seharusnya sudah tidur. Tidak hanya ceker, dalam seporsi ceker setan Anda juga mendapatkan sayap ayam. Keduanya dibaluri dengan bumbu pedas sehingga cocok sekali untuk Anda yang suka dengan makanan pedas. Untuk satuan ceker ayam dibandrol dengan harga Rp. 1000,00 saja sedangkan untuk sayap ayam harganya cuman Rp. 1.500,00.

Nah, inilah dia beberapa kuliner unik yang bisa Anda temukan di malang. Selamat berwisata ria!