Memiliki Bisnis di Sektor Pariwisata? Berikut Cara Mengembangkanya

Sektor pariwisata memiliki Andil yang cukup besar untuk perekonomian negara. Pariwisata adalah penyumbang devisa terbesar setelah migas, dan kelapa sawit. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang merencanakan untuk membangun usaha di sektor ini mengingat prospeknya yang cukup besar.

Ada banyak sekali jenis usaha yang berjalan di sektor pariwisata Indonesia. Beberapa diantaranya seperti layanan transportasi, agensi perjalanan, akomodasi, tur pemandu, toko oleh-oleh, wisata belanja, wisata budaya, wisata religi, wisata kulinerĀ  dan masih banyak lagi. Namun mengembangkan usaha bukanlah hal yang mudah, begitu juga di sekor pariwisita. Anda mungkin masih bingung bagaimana cara membuat bisnis anda semakin berkembang. Nah, ulasan berikut akan membantu anda untuk mengembangkan usaha anda.

Kenali Pelanggan atau Pengunjung Anda

Ketika anda membangun sebuah usaha, anda harus mengetahui target usaha anda. Akan lebih baik jika anda membuat target yang spesifik untuk membantu anda mempermudah mencari strategi bisnis yang tepat untuk usaha anda atau sebagai referensi untuk meningkatkan pelayanan anda. Begitu pula di usaha yang berada di sektor pariwisata. Buatlah target yang spesifik untuk pelanggan atau pengunjung anda. Apakah usaha anda tagetnya untuk wisatawan asing atau domestik, tua atau muda, perempuan atau laki-laki dan masih banyak lagi.

Misalkan disini anda punya usaha penyewaan sepeda untuk wisatawan asing. Dari sini anda bisa mengetahui apa saja yang bisa anda kembangkan. Misalnya kemampuan bahasa asing anda. Minimal anda harus menguasai bahasa inggris yang bisa anda gunakan untuk bertransaksi atau menjelaskan standar operasional anda. Selain itu anda juga harus mempertimbangkan untuk menerima pembayaran dalam mata uang asing.

Nah, anda bisa lihat bagaimana dengan menentukan target usaha bisa mempermudah anda dalam membangun usaha anda? Jika anda belum melakukan ini, sebaiknya segera lakukan sekarang.

Artikel Keren Lainnya :  Pariwisata Jogja Terbaru 2020 Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Manfaatkan Pengetahuan Lokal Anda

Tak jarang turis domestik atau mancanegera akan bertanya kepada anda sebagai penduduk lokal tentang dimana mereka bisa menemukan apa yang mereka cari. Misalkan tiket transportasi, atau akomodasi yang murah, tempat wisata yang terkenal namun sedang tidak banyak pengunjung, restoran yang sesuai dengan kriteria si turis dan lain-lain.

Jika anda bisa memberikan jawaban yang memuaskan atau memberikan rekomendasi yang bagus, kredibelitas usaha anda akan meningkat. Tak hanya meningkat di mata turis, tetapi juga pelaku usaha lain yang anda rekomendasikan. Hal ini bisa memberikan peluang untuk anda. Mungkin saja pelaku usaha yang anda rekomendasikan mengajak anda untuk bekerja sama atau mungkin mereka juga berbuat sebaliknya, merekomendasikan usaha anda kepada turis-turis yang datang ke tempat mereka.

Pelayanan Adalah yang Utama

Berikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan-pelanggan anda. Jangan pernah berpikir untuk melakukan kecurangan supaya mendapatkan untung yang besar. Penilaian konsumen adalah salah satu faktor besar yang mempengaruhi usaha anda. Jika anda memberikan, pelayanan buruk, maka jangan heran jika anda akan mulai kehilangan pelanggan. Namun sebaliknya, jika anda memberikan pelayanan yang terbaik, maka pelanggan-pelanggan anda tidak segan untuk menggunakan jasa anda lagi atau merekomendasikan kepada orang terdekat mereka.

Selain itu anda juga tidak harus stagnan dengan kualitas pelayanan yang anda miliki sekarang. Selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan anda supaya anda bisa terus bersaing dengan pelaku usaha sejenis dengan anda.

Jangan Menutup Mata dengan Pesaing Anda

Jalinlah hubungan yang baik dengan pesaing bisnis anda. Lihatlah bagaimana mereka menjalankan bisnis mereka. Dengan begitu anda bisa mengetahui apakah ada yang bisa anda pelajari dari mereka. Anda bisa meniru, modifikasi, lalu terapkan ke dalam bisnis anda. Selain itu, dengan anda menjalin hubungan baik dengan pesaing bisnis anda, anda bisa mengurangi risiko misskomunikasi dan anda tidak akan ketinggalan berita seputar bisnis yang anda jalani.

Artikel Keren Lainnya :  Wisata Jakarta Dengan Nuansa Sejarah

Manfaatkan Media Sosial

Media Sosial merupakan sarana pemasaran terbaik bagi anda yang membangun bisnis di sektor pariwisata. Hal ini dikarenakan sebagian besar pelanggan anda merupakan orang yang belum pernah anda jumpai, dan bukan berasal dari kota anda. Alasan lain kenapa media sosial merupakan strategi pemasaran yang paling efektif adalah anda bisa “mencuri start” dari pesaing anda yang masih mengiklankan usaha mereka di media konvensional.

Seorang pelanggan bisa melihat lebih dahulu iklan usaha anda di media sosial, sedangkan mereka baru akan melihat iklan pesaing yang menggunakan media seperti spanduk atau selebaran ketika berkunjung ke kota anda. Dari segi budget pun, mengiklankan usaha anda di media sosial biayanya sangat murah, bahkan bisa saja gratis.

Bergabunglah dengan Komunitas Bisnis Pariwisata di Kota Anda

Anda tidak bisa berjuang seorang diri, anda membutuhkan teman yang memiliki visi – misi yang sama untuk membangun usaha anda. Dengan anda bergabung dengan komunitas, anda akan mendapatkan informasi dan edukasi mengenai bisnis yang anda jalankan. Selain itu anda juga bisa memperluas koneksi anda dibandingkan jika anda berjuang seorang diri dalam membangun usaha anda.

Sekian tips bagaimana cara mengembangkan bisnis di sektor wisata. Untuk meraih kesuksesan memang bukan jalan yang mudah, namun jika anda optimis dan melakukan semaksimal mungkin, bukan tidak mungkin anda bisa meraih kesuksesan di kemudian harinya.