Kuliner Khas Jakarta yang Bisa Anda Bawa Pulang Sebagai Oleh-Oleh

Kota Jakarta sebagai pusat Industri memang biasanya dijadikan pendatang sebagai tujuan untuk mencari pekerjaan. Namun, banyak juga lho, yang datang ke Jakarta untuk berwisata. Wisata di Jakarta sangat beragam. Misalnya, jika Anda mencari wisata alam untuk melepas penat sejenak dari rutinitas harian Anda, Anda bisa mengunjungi Kepulauan Seribu atau Pantai Ancol. Namun, jika Anda mencari wisata rekreasi bersama keluarga, Anda bisa mengunjugi Duna Fantasi (Dufan) atau Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Selain itu, masih banyak destinasi wisata yang bisa di temukan di Jakarta termasuk juga wisata kuliner.

Berburu oleh-oleh saat wisata kuliner di Jakarta

Jika Anda berkunjung ke suatu daerah, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Begitu juga saat Anda sedang berkunjung ke Jakarta. Ada beragam jenis kuliner yang bisa Anda temukan di Jakarta. Baik makanan berat, makanan ringan, makanan penutup atau dessert, minuman, sampai makanan kecil. Tidak hanya itu, beberapa sajian kuliner ini bisa Anda bawang pulang ke rumah sebagai buah tangan untuk keluarga atau teman-teman Anda. Nah, berikut ini adalah beragam kuliner khas Jakarta yang bisa Anda bawa pulang ke rumah sebagai Oleh-Oleh.

Bir Pletok

Bir Pletok Khas Betawi
Sumber: herstory,co,id

Bagaimana kesan pertama Anda saat melihat minuman yang satu ini? Dari tampilanya yang bewarna coklat cerah dan ada busa-busa menghias di atasnya memang minuman ini mirip dengan bir pada umumnya. Bahkan kemasan minuman iniĀ  juga mirip dengan kemasan bir. Sehingga, jika Anda melihat secara sekilas, mungkin Anda akan mengira jika minuman ini adalah bir yang mengandung alkohol.

Secara etimologi minuman ini bisa dikatakan ‘bir’ karena namanya Bir Pletok. Namun, minuman ini tidak benar-benar mengandung alkohol lho! Minuman ini dibuat dari rempah-rempah seperti jahe, kayu secang, kayu manis, cengkeh, pala, sereh, kapulaga dan gula jawa yang membuat warnanya menjadi coklat cerah layaknya bir asli. Sedangkan busa-busa pada bir pletok yang berbentuk layaknya crown pada bir asli terbentuk dari pengolahan bir pletok yang dikocok dalam batang bambu.

Artikel Keren Lainnya :  Mencicipi Kuliner Unik Khas Malang

Konon katanya bir ini tercipta karena masyarakat betawi ingin merasakan minuman bir dingin yang bisa menghangatkan badan yang dikonsumsi oleh kompeni Belanda. Mereka pun membuat bir versi sendiri dengan rempah khas Indonesia yang menghangatkan badan ditambah es batu yang dingin dan dikocok sehingga menimbulkan busa. Memang soal mengolah makanan dan minuman rakyat Indonesia tidak bisa diragukan lagi.

Roti Buaya

Roti buaya menjadi seserahan dan oleh-oleh
Sumber: wartawisata,id

Dari tampilanya, makanan yang satu ini berbentuk seperti buaya yang menggemaskan. Sesuai dengan bentuknya, makanan yang satu ini diberinama Roti Buaya. Soal rasa, Roti Buaya memiliki rasa yang manis dengan pilihan varian rasa yang cukup beragam. Anda bisa membeli Roti Buaya dengan varian rasa sesuai selera Anda.

Dalam keseharian, Roti Buaya ini biasanya jadi seserahan dalam upacara adat seperti pernikahan. Hal ini dikarenakan masyarakat Betawi mengambil filosofi dari buaya itu sendiri. Buaya memang dikenal sebagai binatang yang setia. Sedihnya, tidak seperti citranya, pada zaman modern laki-laki yang tidak setia sering dindentikan dengan buaya.

Tidak susah untuk mencari roti buaya ini jika Anda berkunjung ke Jakarta. Anda bisa mendapatkanya di pusat oleh-oleh kuliner khas jakarta dengan harga yang terjangkau.

Kue Geplak

Kue Geplak khas betawi yang mulai langka
Sumber: indonesiakaya,com

Jika Anda sedang berburu wisata kuliner Jakarta murah, kue geplak ini mungkin bisa jadi jawabanya. Seperti namanya, kue dengan bahan dasar beras ini saat pengolahanya, adonan kue digeplak dengan tangan. Kue ini memiliki tekstur halus dipermukaanya dengan rasanya yang manis dan lembut. Dari segi tampilan, kue ini mempunyai beragam bentuk. Ada yang berbentuk bulat, batangan, maupun persegi.

Layaknya Roti Buaya, Kue Geplak biasanya disuguhkan oleh pengantin pria sebagai seserahan dalam acara pernikahan ataupun lamaran. Namun, sekarang kue ini sudah jarang ditemukan. Jika Anda ingin membawa kelezatan kue ini ke rumah sebagai oleh-oleh, Anda bisa mencarinya di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Kue ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 7.000,00-an per buahnya.

Artikel Keren Lainnya :  6 Rekomendasi Wisata Kuliner Jogja Yang Murah Meriah Dan Enak

Dodol Betawi

Sajian istimewa dodol betawi yang khas
Sumber: idntimes,com

Dodol memang salah satu penganan yang tersebar di seluruh nusantara dan semenanjung melayu, tak terkecuali Dodol Betawi. Dodol Betawi adalah salah satu makanan unggulan Jakarta Selatan. Teksturnya kenyal dan lembut selayaknya dodol dari daerah lainya, sedangkan rasanya manis dan legit khas gula aren. Terdapat banyak pilihan rasa dari Dodol Betawi seperti rasa original, rasa durian, rasa wijen, dan rasa ketan hitam. Bagi Anda pecinta dodol, tidak ada salahnya Anda mencicipi dodol yang satu ini dan jangan lupa untuk dibawa pulang ke rumah sebagai oleh-oleh.

Inilah beberapa kuliner khas Jakarta yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Kalau sedang berwisata, memang kurang rasanya jika tidak membawa oleh-oleh. Selain oleh-oleh berupa souvenir, Anda juga bisa membawa oleh-oleh berupa makanan.